mimpi lari

Masa-masa kuliah, aku sering sekali mimpi berlari. Menyusuri jalanan. Masuk kampung. Kadang di tengah ladang, sawah. Padang rumput.
Lariku bukan sekedar lari. Aku tidak pernah berlari dengan gerakan kaki yang cepat itu. Gerakan kakiku pelan namun dengan langkah yang lebar. Awalnya aku berlari menginjak tanah. Tapi lama-lama aku akan melayang hingga lariku jadi setengah terbang. Aku tidak pernah ingat benar ke mana dan untuk apa aku berlari. Yang pasti setiap kali aku (mimpi) berlari setengah terbang itu, aku merasa bebas dan bersemangat.

***
Satu lagi mimpiku yang sering berulang. Bukan benar-benar berulang. Hanya mirip satu sama lain. Ceritanya selalu tentang aku akan pergi ke suatu tempat. Kadang sendiri, kadang ada teman. Tapi selalu saja, sampai mimpi berakhir dan aku bangun, aku tidak sampai di tempat tujuan. Entah bis yang ditunggu (dalam mimpi itu) tak kunjung lewat; teman yang mau pergi bareng tak datang; atau berungkali bolak balik ke rumah lagi karena ada yang ketinggalan…

***

Dua jenis mimpi itu, sudah lama tidak pernah hadir lagi di tidurku. Bertahun-tahun, sampai aku lupa kapan terakhir bermimpi begitu. Tapi belum lama ini aku bermimpi yang kuanggap gabungan dari keduanya.
Dalam mimpiku itu, aku diajak temanku pergi ke suatu tempat. Lalu ketika pulang, aku teringat bahwa handphoneku ketinggalan di tempat itu. Aku bahkan ingat di mana dan bagaimana handphoneku bisa tertinggal. Akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke sana. Sendiri. Berlari. Ya, aku berlari setengah terbang lagi. Kali ini dengan tujuan yang jelas.
Sampai di sana aku menemui orang-orang yang berbeda dengan yang ada ketika aku berkunjung sebelumnya. Tapi ada satu yang sama, dan dia mengingatku. Kusampaikan maksud kedatanganku. Dan dengan mengisi semacam buku tamu, aku mendapatkan lagi handphoneku.

***
Aku tidak tahu apakah mimpiku ini punya arti. Ataukah memang ada mimpi yang punya arti. Tapi bukankah Nabi Yusuf menyelamatkan Mesir dari kelaparan karena tujuh tahun kemarau, adalah berbekal penafsiran mimpi?

5 thoughts on “mimpi lari

  1. mimpi yang sama berulang kali? , lari?

    waktu masih umuran sd mimpi berulang kali yang pernah saya alami yaitu mimpi tertimpa batu sangat besar sekali. Ibuku jadi penenang kalau saya sudah mimpi seperti itu. Sekarang kalau anak-anakku mimpi saya suka elus-elus kepalanya atau digendong juga.

    Mimpi berlari dan terbang, dan saya merasa ditengah mimpi bisa menguasai jalan cerita dan terkadang merewind mimpi tersebut dan berulang kali terjadi. Kehilangan (lupa) jalan pulang paling sering saya alami dalam mimpi-mimpi yang berulang itu…….. :)

jangan sungkan kalau mau komen :)

