(mantan) penipu

*sebelum melanjutkan membaca tolong dicatat bahwa yang dibicarakan di sini bukan penipuan dalam konteks kriminal….*

dulu aku selalu merasa aku ini adalah penipu. and I was. I mean, aku bener-bener menipu orang-orang di sekitarku. kadang aku bisa begitu jahat melakukan penipuan, meski seringnya hanya karena memang aku badung.

begitu yakin bahwa aku adalah penipu, aku selalu tau kalau orang menipuku. kelihatan dari pilihan kata, mimik, cara bicara, cara melihat, bahkan cara bernafas. okay, mungkin aku tidak tau kebenarannya, tapi aku tau dia tidak berkata benar. dan itu menyiksaku.

sekarang, tiba-tiba aku merasa kehilangan ‘keahlianku’. aku tidak bisa menipu. apakah metodeku yang sudah ketinggalan jaman, tidak ada improvisasi, sehingga orang akan berpikir, ‘wis tau, udah pernah’ dan ketebak begitu aja? atau tiba-tiba aku menjadi orang jujur? nonsense. kalau aku bilang aku adalah orang jujur, berarti aku justru sedang berbohong.

dan aku juga tidak bisa lagi menebak apakah orang sedang jujur atau menipuku….

One thought on “(mantan) penipu

jangan sungkan kalau mau komen :)

