Antara timur dan selatan, kidul wetan…

adalah arah mata angin favoritku.

Kubuka jendela kamarku yang menghadap ke selatan. Kabut mulai menyelimuti bukit di hadapanku. Kulongokkan badan sedikit lebih keluar, membiarkan hawa sejuk membelai pipiku dan tajam dingin menusuk hidungku. Sebentar lagi aku akan berbangkis, selalu begitu kalau dingin menghembuskku. Aku siap.

Kulihat ke arah timur, bulan benderang. Langit bersih tanpa awan, banyak bintang.

Antara timur dan selatan, kidul wetan, adalah arah mata angin favoritku. karena di sana rumahmu. Orang jawa menghitung arah letak rumah untuk menentukan boleh atau tidak menikah. Aku tidak tahu, pria di arah kidul wetan dibolehkan atau tidak menikah denganku. Tapi aku tidak peduli. Lagipula itu bukan benar-benar rumahmu, bukan juga rumah orang tuamu. Hanya rumah dinas, dan kau bisa pergi dari situ sewaktu-waktu.

Antara timur dan selatan, kidul wetan, adalah arah mata angin favortiku. Di sana ada surau tempat aku biasa melihatmu. Aku tidak bisa menyebutnya itu tempat kita bertemu, kau lebih banyak tidak peduli padaku.

Jendela ini adalah favoritku. Menghadap dia kutempatkan meja belajarku. Agar setiap malam sehabis isya bisa kubuka dan aku berjaga. Ketika nanti tiba waktunya tadarus dilantunkan oleh kalian bergiliran. Aku tidak tahu siapa saja. Ah, aku tahu. Ada Aris dan yang lainnya. Maksudku, aku tidak tahu suara siapa, kecuali suaramu — yang kutunggu-tunggu.

Seperti malam ini, jam 19.30. Sudah sepi, hanya sesekali terdengar kendaraan lalu.

A’uu dzubillaaahi minasy syaithaanirrajiim…

Sudah mulai. Siapa itu? Bukan kamu. Entah. Aku tidak hapal.

Aku menyimak  menanti, hingga terdengar lantunan suaramu — yang kutunggu-tunggu.

Antara timur dan selatan, kidul wetan, adalah arah mata angin favoritku.  Ke sana kukirimkan debar untukmu, meskipun kau tak tahu.

27 thoughts on “Antara timur dan selatan, kidul wetan…

  1. Kalau Rumahku Menghadap Ke Timur😀

    Gimana tuh🙂

    Orang Jawa dahulu memang selalu memaknai segala sesuatu yang berkaitan denganhidup mereka, Bahkan dalam urusan posisi menghadap rumah🙂

  2. Antara timur dan selatan, kidul wetan, adalah arah mata angin favoritku. Ke sana kukirimkan debar untukmu, meskipun kau tak tahu.
    Untuk siapa ini Mba…?

  3. @warm&uni: di pagi hari, matahari ada di timur. itu saja om, pedomannya😀
    @aribicara: aku juga ngga ngerti kok ri…
    @evi: enggak. di situ kan juga kutulis ‘aku ngga peduli’
    @pencerah: mirip ya?
    @tuyi: untuk dia yang suaranya kutunggu-tunggu, ketika tadarus dibacakan sehabis isya…
    @yangputri, angel, kw: southeast, ya, tenggara
    @zfly: cerdas😀
    @phery: lor kulon ya😀
    @hummorbendol: yang dimaksud si phery bukan?

  4. Untuk urusan mata angin, orang jawa hanya mengenal kosakata 4 arah mata angin… dan menyebut arah tenggara, barat daya, barat laut, dan timur laut dengan gabungan kosakata yang ada. Maka terciptalah dul wetan, dul kulon, lor wetan dan lor kulon.

    Saya jadi teringat dengan lagu yang dinyanyikan anak-anak desa sambil memegang kepompong ulat jati yang bergerak2, sementara anak-anak bernyanyi “ndi lor ndi kidul”…. selaras dengan gerakan kepompong.

  5. everyone… kenapa sih terlalu fokus pada kata ‘kidul wetan’? ini hanya arah mata angin, ‘tenggara’ dalam bahasa jawa, toh sudah disebutkan letaknya antara timur dan selatan.
    yang ingin disampaikan adalah ada apa di arah itu… kenapa arah mata angin itu menjadi favorit’ku’

    abrus, terima kasih🙂

  6. seperti biasa, sungguh tulisan yg indah walau hanya ngebahas satu arah mata angin
    btw, kalo foto di header itu lagi ngadep kidul wetan juga?:mrgreen:

  7. @phery: halah.. komen ulang😛
    @cheexa: kok bisa? itu napsuin…😀
    @anny: tidak sama sekali
    @R2G: tidak juga
    @nina: wah… iya ya… harusnya begitu!
    @ichanx: lor
    @edy: bukan hanya tentang sebuah arah mata angin ed….. itu headernya lagi madep ngidul aja. manggil nyi roro kidul ratu laut selatan……..
    @novnov: exactly!

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s