One Spirit One Nation

Itu tema yang dibawa dalam gathering yang diadakan Loenpia bersama beberapa komunitas online lain (Tangan di Atas, Facebook Semarang Community, Kementrian Desain Republik Indonesia, Kas-kuser, dll) di Semarang semalam, yang bertempat di Ex Teraz Garden Resto, Ngesrep.

Acara semalam adalah sebagai puncak acara Pesta Blogger mini di Semarang setelah pagi sampai siangnya diadakan Blogshop di IAIN, sebagai bagian dari Road Show menuju puncak acara Pesta Blogger ‘raya’ bulan Oktober nanti.

Buatku pribadi, temanya cukup berat. Menjadikan aktivitas online untuk kemaslahatan bangsa. Ya, berat, kalau sendirian. Tapi jika hal ini kita lakukan bersama, aku yakin bisa. Lihat saja komunitas blogger (dan komunitas onlen yang lain), banyak halΒ  positif yang bisa dilakukan bersama, padahal belum tentu kita tergerak untuk melakukannya sendirian. Ambil contoh aksi 1000 buku, gerakan anak asuh, dan yang lain.

Tapi aku ingin melihat ke lingkup yang lebih kecil sajalah. Bagaimana aktivitas online kita sendiri secara pribadi? Di blog, di Multiply, di Plurk, di Twitter, di fesbuk. Dampak apa yang kita berikan buat diri sendiri, juga pada orang di sekitar kita? Sudahkah kita bisa mengelolanya untuk hal positif, sekedar mubadzir, atau malah membawa efek negatif?

Karena internet seperti pisau, manfaat dan mudharatnya tergantung pada bagaimana cara memakainya. Tidak usahlah aku ceritakan apa-apanya, aku sendiri merasa pernah mendapati efek negatif dari aktivitas onlineku. Dan aku rasa bukan aku sendiri, kalau kita mau mengakui. Entah dalam bentuk apa dan kadar separah apa, tentu berbeda-beda setiap orangnya. Yang penting begitu menyadarinya kita bisa menghentikannya, dan lebih mengembangkan hal positifnya.

Aku percaya, untuk berbuat ‘besar’ dalam banyak hal, termasuk pengelolaan aktivitas online ini, seperti juga gerakan cinta bumi — dimulai dari hal-hal kecil dalam diri kita sendiri.

Yang paling asik dari acara tadi malam sebenarnya adalah hadirnya Mas Prie Gs yang menyampaikan asiknya menulis dengan intelek. Cara penyampaiannnya sederhana tapi kena. Bukan pakai bahasa muluk-muluk yang bikin bingung. Lah, jadi malu. Selama ini aku sudah menulis begini banyak, intelek ngga? Sayang aku tidak bisa mengikuti obrolan beliau sampai selesai, karena krucilku sudah ngantuk berat dan ngajak pulang… (beginilah nasib mom-blogger :D)

moto mas Prie Gs dari jauh, pake hape pula...

moto mas Prie Gs dari jauh, pake hape pula...

Oh iya, ada satu hal asik lagi. Ini… πŸ˜€ Akhirnya ketemu dan ngobrol (langsung) dengan Ndorokakung. He’s a so very nice guy…

C510 bener2 jelek kalo buat gelap2an, mending K770i :D

C510 bener2 jelek kalo buat gelap2an, mending K770i πŸ˜€

Advertisements

3 thoughts on “One Spirit One Nation

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s