ndhuktri apa gotri?

tembang dolanan waktu kecil.
(minimal) tiga anak duduk membentuk lingkaran, lalu sebuah batu digilir dipindahkan dari hadapan satu anak ke hadapan anak yang lain. anak yang mendapatkan batunya tepat ketika lagu habis akan..

entah diapakan. aku benar-benar tidak ingat bagaimana peraturan dolanan yang satu ini. aku malah ragu, apa iya cuma satu batu yang diiderkan atau masing-masing anak pegang satu batu lalu semuanya bersama-sama diangsurkan ke teman di sebelahnya?

seingatku, tembangnya seperti ini

Ndhuk tri legendri nagasari
riwul owal awul jadah mentul
tulen olen olen jadah manten
titenana mbesuk gedhe dadi apa
podheng mbako enak mbako sedheng
dhengkok eyok-eyok kaya kodhok!

aku mengerti betul bahwa orang jawa jaman dulu, bahkan dalam sebuah tembang dolanan pun akan menyisipkan wejangan. lihat saja itu ‘titenana mbesuk gedhe dadi apa’. lihat nanti kalau sudah besar mau jadi apa. pesan untuk memikirkan masa depan, meskipun sambil dolanan.

tapi kalimat-kalimat yang lain aku ngga ngerti apa maksudnya. seperti cuma permainan bunyi. dugaanku, kuping kecilku dulu salah tangkap mendengar mbak-mbak dan mas-mas yang nembang. seperti halnya di lagu ‘Garuda Pancasila’ di mana kata-kata ‘pribadi bangsaku’ bisa berubah jadi ‘thibang-thibang satu’. apa coba artinya? πŸ˜›

maka aku mencoba search tentang tembang ndhuktri legendri ini. hasilnya kurang membantu, menurutku. tidak ada yang sama persis.

di sini
gotri legendri nogosari, ri
riwul iwal- iwul jenang katul, tul
tulen olen-olen dadi manten, ten
tenono mbesuk gedhe dadi opo, po
podheng mbako enak mbako sedeng, deng
dengklok engklak-engklok koyo kodok

di sini
gotri legendri nogosari,
ririwul iwal- iwul jenang katul,
tultulen olen-olen dadi manten,
tentenono mbesuk gedhe dadi opo,
popodheng mbako enak mbako sedeng,
dengdengklok engklak-engklok
koyo kodok

(ihihi… kayanya kopast-an ini mah)

di sini
dhoktri legendri , naga sari-ri
riwul owal-awul, jenang mbantul-tul
tulen alen-alen , jadah manten-ten
entenana, mbesuk gedhe dadi apa-pa
podheng mbako enak, mbako sedheng-dheng
dhengkok engkak-engkok, kaya kodhok-dhok

di sini
doktri legendri nagasari ri-i,
riwul iwal iwul jenang katul ul,
dolan awan-awan njadah manten en,
tenono lek mu lunga mbesuk apa aa,
podheng mbako enak mbako sedheng eeng,
dhengklok engklak-engklok putri kodhok

di sini
….Gotri legendri nagasari, ri
….Riwul owal awul jadah mentul,tul
….Tulen, olen-olen dadi manten,ten
….tiTenana mbesuk gede dadi apa,pa
….Pada mbako enek,mbako sedeng,deng
….Dengkok,engkak-engkok kaya kodok,dok

*aku agak prihatan dengan ketidakkonsistenan orang-orang dalam menulis dalam bahasa jawa. di mana seharusnya dibedakan antara ‘dh’ dan ‘d’; ‘th’ dan ‘t’, bahkan penggunan ‘a’ atau ‘o’ atau ‘u’*

jadi sebenarnya, tembangnya itu bagaimana sih?

Advertisements

11 thoughts on “ndhuktri apa gotri?

  1. hahaha..yang bener kata situ bos..ndhoktri…dan berarti itu..klo gotri klo dihubungkan dengan kata2 di balakangnya tuh tak bermakna satu kalimatnya..gityu..

  2. Yang bawah itu betul secara penulisan.
    Cuma tulisan tiTenana yang tepat Titenana.

    Dan untuk versi lainnya, biasanya hanya berubah pada baris awal :
    Gotri ala gotri nagasari, ri

    Salam brrrrr!

  3. kalau aku dulu seingatku nyanyiinnya diajarin gini:

    gendri lagendri nogosari…
    tiwul owal awul jadah mentul..
    titenono mbesuk gedhe dadi opo..
    dengklok eyak eyok dadi / koyo kodok

    terus ono meneh lagu klangenan jaman cilik:
    ki besuki bondowoso..
    banyuwangi jember…

    lali teruse..

    terus lagu di tvri yg tentang Pak tani, nelayan, dan pak guru.
    yg inget hny pak guru..

    *nostalgila

  4. Versi jaman cilikan neng Solo Timur:

    Gotri legendri nagasari-ri
    riwul owal awul jadah mentul-tul
    tolen olen olen jadah manten-ten
    titenana mbesuk gedhe dadi apa-pa
    padha mbako enak mbako sedheng-dheng
    dhengklok leyak-leyok kaya kodhok!

    Apakah anak jaman sekarang masih ada yang pakai dolanan macam ini. Dulu tahun 80-an sering main gini (dan dolanan yang lain yang juga seru) waktu terang bulan, di bawah cahaya purnama hehe… πŸ™‚

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s