bukan bedah, tapi ‘ngodhol-odhol’

:dari bedah buku ‘suicide’ di balai soedjatmoko solo, 17 april 2010:

Ini ringkasan singkat (yang bisa kutangkap) dari ulasan Bandung Mawardi mengenai bukuku (kutulis ulang berdasar hasil daya tangkapku yang memalukan, karena banyak kata-kata dan kalimat yang tidak kumengerti):

Latree telah membohongi diri sendiri dengan mengaku tidak punya latar belakang sastra. Latree adalah penulis yang terkena patologi sastra akut. Cerita-cerita yang ditulisnya adalah tentang hal-hal yang terlalu biasa, mengada-ada, dan mengandung roman picisan sekelas sinetron Indonesia. Bahasa (dan judul-judul yang dipilih) hanyalah pengulangan terhadap teks dan pembicaraan yang sudah ada. Sama seklai tidak terlihat usaha untuk bisa lebih bicara ke tepi. Dia berusaha memilih judul yang menurutnya akan menarik, tapi tidak buat saya.
Mungkin ini karena Latree adalah seorang PNS yang terjebak dengan birokrasi bahasa, dan PNS memang sangat dekat dengan dunia sinetron dan tivi. Aneh kenapa Latree membawa-bawa nama Salvador Dali yang dari Eropa dan tidak berusaha membumi memakai hal-hal asli Indonesia.

Aku penasaran, andai, tidak tertulis di mana pun bahwa penulis ‘suicide’ adalah seorang PNS, akankah bisa Bandung ‘membaca’ bahwa penulisnya seorang PNS? Dari bagian mana di setiap ujung ‘Suicide’?

Terima kasih mas Bandung atas ulasannya. I love you.

*gambar diambil dari FBnya mas yang baik hati ini*

Advertisements

15 thoughts on “bukan bedah, tapi ‘ngodhol-odhol’

  1. ya ya sastrawan emang bebas mengkritik dan beropini, mari kita tampung, cerna dan resapi lalu bikin yang lebih keren šŸ™‚ tapi coba cari kritikus lain bisa jadi hasilnya beda

  2. ully, begitulah
    phery, kowe ki jan tenan…
    mas kw, carikan dong mas…
    warm, nice to meet you too….
    melly, santai aja šŸ™‚

  3. ^_^, setiap orang punya pandangan yg berbeda, wah keren dah bedah buku lagi ya mba? btw moga lahirannya lancar ya mba šŸ™‚

  4. mengacu istilah kedokteran, yang namanya ‘bedah’ itu pake ilmu, pake teori, teliti ngati-ati. nah kalo ngodhol-odhol itu asal bodhol aja…
    šŸ˜€

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s