manusia setengah-setengah

adalah aku.
karena terlalu banyak keinginan.
akhirnya tidak bisa penuh di satu hal.

aku melihat orang-orang yang penuh dedikasi pada satu inti. yang hidup untuk satu keyakinan. rela jungkir balik demi, atau bahkan mati. tapi beberapa kulihat, mereka hanya terlihat seperti itu. atau berusaha terlihat seperti itu. dan bagiku itu justru menggelikan. menyedihkan, malah.

lalu kulihat aku sendiri yang lebih sering tak peduli. sering tak sungguh-sungguh pada kesempatan dan harapan. fokus pada hal yang menurut orang lain tak pada tempatnya.

tapi ini lah aku. dan aku menerima segala ketakpenuhan hidupku. mungkin aku akan disebut manusia kacau. tak berpendirian. tidak konsisten. tapi setidaknya aku tidak memaksa diriku untuk menjalani sesuatu. apalagi hanya untuk terlihat keren atau istimewa.

aku kadang merasa, ketidakistimewaanku ini justru membuat beberapa orang cemburu. bahkan sebagian lagi sampai benci.ah entahlah. mungkin cuma perasaanku.

aku tidak pernah berusaha mencitrakan diri indah. cantik. apalagi sempurna. orang bisa lihat kok aku memang amburadul. jika ada hal-hal yang tidak kubiarkan terlihat, maka itu bukan demi aku. aku bisa saja tidak peduli. tapi ada orang yang lain yang tidak. dan mereka lah yang kujaga. orang-orang yang kusayangi.

***

aku kasihan pada orang-orang yang merasa sempurna. terlebih hingga membuat mereka menganggap orang lain hina.

One thought on “manusia setengah-setengah

jangan sungkan kalau mau komen :)

