Bayi-bayi Itu

Jadi ceritanya hari ini aku berkunjung ke sebuah panti asuhan, yang selain mengasuh anak-anak usia SD-SMA, juga merawat bayi-bayi terlantar.

Aku tidak terlalu terusik dengan kondisi anak asuh yang sudah bersekolah itu. Sebagian dari mereka memang tidak punya orang tua, sebagian lain orang tuanya tidak mampu. Keadaan mereka secara umum baik. Tempat tinggal yang layak dan bersih, juga didikan untuk mandiri.

Tapi aku tidak bisa menahan trenyuh melihat bayi-bayi yang dirawat di sana. Ada yg ditinggal begitu saja di rumah sakit. Ada yang tidak punya orang tua dan tidak ada yang mengasuh. Ada yang orang tuanya sakit jiwa.

Secara fisik kondisi mereka sehat. Bersih. Gizi tercukupi. Tapi ada yang kurang, yang tampak mereka rasakan: kasih sayang.

Aku bukan bilang para petugas panti tidak mengasih-sayangi mereka. Tapi mungkin naluri bayi — dan balita, membutuhkan kasih sayang ayah ibu.

Satu anak yang umurnya sekitar 2 tahun (tidak jelas tanggal lahirnya, dan pada saat dititipkan di panti diperkirakan berumur 3 bulan), minta gendong padaku. Aku menggendongnya, tidak kuasa menolak. Tapi ketika aku mau pulang, dia tidak mau turun. Kaki dan tangannya mendekap erat. Baru setelah dibujuk-bujuk petugas panti dia mau turun.

Ah entah lah apa yang mau kusampaikan ini. Aku hanya bersyukur bahwa aku mendapatkan kasih sayang orang tuaku. Dan meskipun mungkin belum cukup, aku akan terus berusaha memberikan yang dibutuhkan anak-anakku.

Semoga anak-anak itu segera dijemput oleh orang tua asuh yang akan memberikan apa yang mereka butuhkan…

4 thoughts on “Bayi-bayi Itu

  1. Hai salam kenal..,sudah lama berumah tangga belum jg mempunyai anak kedua anak pertamaqu meninggal usia 8 bln.kpingin adopsi anak mba2 ada yg tw ga rs mana yg bayi2 bnyk ditelantarkan org tuanya yah aq ingin merawat mrk..mhn info mba blh lsg ke email sy anandazairia@ymail.com trims sblmnya mba..

jangan sungkan kalau mau komen :)

