aku adalah aku

jika orang menyukai aku, atau pun membenciku, biarlah itu karena siapa aku. bukan karena aku ini siapanya siapa.

***

karena itu aku ingin orang melihat bahwa aku diterima di sekolah tempat aku bersekolah adalah karena aku memang berhak. dan bukan karena bapakku guru di sana. dan aku diterima bekerja karena aku memang berhak. bukan karena dibawa (atau mbayar) siapa-siapa.

di kalangan tertentu aku lebih suka mereka tidak tahu siapa aku. karena dengan begitu mereka memandang aku rendah, bukan kalangan mereka. dan aku lebih suka begitu, membuat aku nyaman diam menjadi diriku. boleh percaya boleh tidak. salah satu dari mereka pernah menganggap aku tidak ada. dan langsung jadi mau bicara padaku hanya karena melihat aku bisa naik taksi. menyedihkan…

kadang aku ingin marah pada perlakuan satpam kantor suamiku yang berubah setelah tahu siapa aku. bukan apa-apa, berarti cara dia menghormati tamu ndak standar. ketika aku datang dengan jins ransel dan sandal butut, dia bersikap tegas dan waspada. tapi setelah diberitahu aku siapa, lantas jadi hormat mundhuk-mundhuk. menyebalkan.

***

aku adalah aku. bukan siapanya siapa. dan aku tidak akan bawa nama siapa-siapaku untuk membuat orang menyukaiku.

6 thoughts on “aku adalah aku

  1. siapa sih dirimu? setahuku, manusia hidup dengan memberi dan mengingat label…, si jelek, si nyebelin, si ndak mau diatur. salah satu gunanya adalah sebagai pengingat, kalau seseorang tak memiliki penanda khusus menurut pandangan orang lain, biasanya akan dipakai label ‘apanya siapa’.

  2. @fanny: bahkan dua orang kembar pun adalah pribadi yang berbeda…
    @nino: aku tahu kelebihanmu, say. dan itu adalah kekuranganku. yaitu: berat badan ;))
    @bengkelkata: aku si nyebelin. si ndak mau diatur. si-apa-pun-kau-menyebutku. asal jangan ‘apanya siapa’

jangan sungkan kalau mau komen :)

