I Can Bear the Heaviest Weight *self hypnotizing*

tiba-tiba aku merasa jadi perempuan manja. dan malu.

***

kemarin aku berangkat dan pulang ngantor naik bis pemda. pagi terasa nyaman saja. mungkin karena masih pagi dan hawa tidak panas. tapi pulang terasa menyiksa, kalau mau lebay. panas bukan main. apalagi aku dapat kursi di deretan yang kena sinar matahari. kipas angin mati. jendela udah dibuka tapi tetep aja aku dleweran keringetan. aku jarang banget pulang ikut bis pemda, karena dia jalan sebelum jam pulang. segasik-gasiknya pulang, tetep aja ndak sreg kalau pulang sebelum jam kerja habis.

jadi ceritanya, sehabis sakit beberapa waktu yang lalu sepertinya badanku belum pulih benar. aku letoy seletoy-letoynya. ini dikit capek, itu dikit lemes. that’s no fun at all. seminggu pertama masuk kerja aku masih diantar jemput. akhir minggu karena ndak ada antar jemput aku beranikan diri naik motor, karena mobil masih opname *ga mau kalah sama jokinya*. ternyata menjalani trayek sehari-hari itu badan rasanya ndak karuan. lemas sampai mau pingsan. karena itu aku putuskan ikut bis saja. dan bela-belain muka tembok pulang sebelum jam pulang demi bisa ikut bis pemda. karena kalau ikut bis umum pasti lebih menderita. tapi ternyata itu pun aku masih merasa tersiksa. memalukan.

***

tracing back  couple years ago.

aku ke mana-mana naik angkutan umum dan jalan kaki. termasuk pulang pergi ngantor. pagi bisa ikut bis pemda. tapi pulangnya pakai bis umum. ganti dua kali. masih ditambah ngojek — yang lebih sering kuganti dengan jalan kaki karena cuma sekitar satu kilometer-an. itu kenapa aku pakai boots yang nyaman buat jalan, dan nendang. #eh#. aku males naik motor, pertimbanganku karena dengan naik bis aku bisa tidur untuk waktu yang cukup lumayan. kalau ndak bisa tidur aku baca. atau ngelamun aja. dan ga mungkin bawa mobil, karena ndak ada mobil hahaha…

awal aku berhenti naik angkot adalah ketika aku hamil. jangankan angkot dan bis. naik mobil pribadi yang bersih dan full AC pun aku ndak bisa. mabuk. perjalanan rumah ke kantor bisa berenti 3 -4 kali buat muntah *maaf*. bayangkan kalo naik bis umum. naik taksi bisa jadi pilihan, supirnya ndak keberatan diajak mampir di setiap pom bensin yang dilewati. tapi boros. jadilah, naik motor adalah pilihan paling nyaman.

ada alasan kenapa aku tidak pede bawa mobil meskipun sudah lama kursus. tapi ada keadaan yang memaksa aku harus bisa. setelah beberapa kali nyetir karena terpaksa, lama-lama jadi terbiasa dan makin lihai. kalau mbaret dikit sana sini sih ndak peduli. mobil tua ini. sejak itu aku mulai lebih suka bawa mobil. pertimbangan utama, aku bisa meletakkan semua bawaan yang biasanya kugendong di ransel. baju, sepatu, alat mandi, dan lain sebagainya… khas mobil perempuan. mobil adalah rumah kedua. all you need is there.

***

jadi kenapa aku merasa menderita hanya karena naik bis yang ndak ada AC-nya? aku pernah menjalani yang lebih rekasa dan menikmatinya sama sekali tanpa merasa tersiksa…

kalau kuterus-teruskan menuruti lemas, aku akan jadi makin lemas. kemarin melupakan tangga dan naik lift karena takut capek. tapi hari ini aku menyapa tangga lagi. aku bawa motor lagi, yakin kuat. kemarin senam dapat sepuluh menit, hari ini paling tidak setengah jam. syukur selesai kalaupun harus me-low-kan hi-impact. malam ini harus latihan lagi, atau suaraku akan hilang bersama kekuatan dan daya tahanku. besok renang lagi, berapa ayunan pun dapatnya.

aku kuat. aku sehat. aku sanggup menahan beban terberat sekali pun.

8 thoughts on “I Can Bear the Heaviest Weight *self hypnotizing*

  1. jujur saya ngga suka naek mobil. jika memang harus naik mobil saya lebih suka pake supir. (baca: taksi🙂 hehehe
    saya lebih suka bersepeda ontel atau naek montor. kesannya gampang. dan ringkas.

    btw salam kenal ya jeung. makasih dah mampir ke blog saya. kali aja ada twit. bisa folow nih🙂

jangan sungkan kalau mau komen :)

