dari diskusi antologi cerpen ‘bulan’

Minggu 25 September 2011 lalu Lini Kreatif Writing mengadakan halal bi halal, yang sekaligus diagendakan untuk mengobrolkan cerpen-cerpen ‘bulan’ yang telah terkumpul.

Dengan deadline yang sempat mundur sebulan, akhirnya terkumpul 12 cerpen dari 11 penulis. Di awal ‘pembahasan’, Aulia Muhammad yang didaulat menelaah semua cerpen yang masuk mengaku ‘capek’. Sebagian besar cerpen hanya sanggup dia baca dua tiga alinea. Sebagian diskimming sampai selesai. Dan hanya 3 cerpen yang dibaca selesai dan diulang: yang artinya menarik.

 

Jadi cerpen, akan terasa menarik atau tidak sejak alinea awal. Entah dari penggambaran, penuturan, ide.
Dari cerpen-cerpen yang ‘nyapekin’ itu, selain penuturan yang tidak menarik dan penguasaan EYD yang minim, ada satu ‘kesalahan’ fatal yang dibuat, yaitu alur cerita yang tidak dapat diterima logika. Logika yang dimaksud di sini bukan sekedar logika nalar kehidupan nyata, tapi lebih pada logika yang dibangun di dalam cerita itu sendiri.

Contohnya, Harry Potter naik sapu terbang itu bertentangan dengan logika kehidupan nyata. Tapi di keseluruhan bangunan cerita, sudah dibangun logika yang konsisten. Hal yang tampaknya logis tapi sebenarnya tidak logis dicontohkan, adalah alur cerita yang disuguhkan di sinetron Indonesia. Tentang mahasiswa yang memacari anak rektor supaya bisa jadi ketua senat; padahal itu sama sekali tidak ada hubungannya. Dan begitulah cerita sinetron. Masalahnya, cerita yang buruk di sinetron bisa ditutupi dengan menghadirkan hal menarik yang lain: pemain yang cantik dan ganteng. Dan hal itu, tidak dapat dilakukan di cerpen.

Ahahaha. No hurt feelings, dan demi kemajuan kita. Maka berlapang dada dan berbahagia saja lah, bahwa akhirnya hanya 3 cerpen yang dinyatakan pantas qdibukukan sebagai antologi. Sisanya, ya begitulah 😀

Ahahaha. Dalam hati aku malu sendiri. Karena ada cerpen di ‘suicide’ yang masih sinetron banget!

 

Advertisements

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s