remix and be yourself

saat mulai menulis postingan ini, Radio Loenpia sedang memutar ‘Rindu’ by Fryda Luciana, dilanjutkan oleh Agnes Monica menyanyikan lagu yang sama.memang DiJe-nya sedang bikin sesi memutar lagu remix-an; satu lagu dibawakan oleh beberapa penyanyi yang berbeda. untunglah DiJenya tetap memilih lagu asli dan remixed yang oke semua… (eh ndak kerja mbak? eh kerja dong, ini buat selingan karena ngga tahan, sudah dari kemarin pengen nulis tentang ini.. *alasan*).

dibawakan Fryda, ‘Rindu’ membawaku ke ruang sepi, dingin, nglangut. benar-benar membawa hati pada rindu yang menyobek. Agnes mengajakku merasakan yang sama, sekaligus sambil meneriakkannya, bukan cuma memendamnya di dada.

***

menurutku, menyanyikan ulang sebuah lagu bukanlah sebuah pekerjaan mudah. apalagi jika lagunya sudah pernah terkenal, dibawakan oleh penyanyi yang kondang pula; beban. memang, merilis ulang tidak berarti harus melejit melebihi penyanyi aslinya, atau sekedar menyamai. tapi paling tidak sukses untuk ukuran si pe-remix itu sendiri. selain aransemen musik yang berubah (sedikit atau banyak), juga cara menyanyikan lagu yang disesuaikan dengan karakter vocal mereka.

aku mendapati banyak perilis ulang malah membuat lagu terdengar aneh, ndak enak di kuping. mungkin karena aku sudah terlanjur stuck di lagu aslinya. tapi mungkin juga tidak. I witness Elvis Presley, Julio Iglesias dan UB40 menyanyikan Can’t Help Falling in Love; dan semuanya asik walaupun berbeda. Satu Jam Saja-nya Asti Asmodiwati tetep keren dibawakan Audy; dan tetep keren juga dibawakan lagi oleh siapa itu aku ndak tau namanya. Dea Mirella dan Marcell sama kerennya membawakan Kau Tak Akan Terganti dengan cara mereka sendiri-sendiri. Sheryl Crow genjreng Sweet Child ‘O Mine-nya GnR tetep asik. dan itu ‘Umbrella’-nya Rihanna, dinyanyikan siapa aja tetep asik. padahal musiknya jauh banget, juga vokalnya. dan Sabrina, menyanyikan lagu siapa aja jadi asik, dengan pembawaannya yang cool ringan itu.

kenapa? karena penyanyinya ndak maksa. lagu-lagu yang terdengar aneh itu, menurutku, karena penyanyinya mencoba menghadirkan olah vokal baru. karena warna vokal yang ndak khas, dan kemampuan olah yang pas-pasan, jatuhnya cuma ngubah nada di sana sini. tapi ndak pas. agak susah nyari contohnya. karena biasanya aku langsung ogah cari tahu siapa yang nyanyi kalau sudah ndak enak didengarkan.

rrr… ada, ada. misalnya.. misalnya itu deh, Vidi Aldiano. semua remix-nya aneh. dulu-dulu aku masih cuek dan mau denger kalau pas ada yang muter. tapi waktu dia remix lagunya KLA, aku ndak rela… itu lagu indah jadi gimanaaaa…. *iya, mungkin ini mengandung sentimen pribadi ( _ _”)*

***

duh, jadi pengen remix lagunya siapa gitu.

Advertisements

9 thoughts on “remix and be yourself

  1. Huaaa.. Sebagai yg siaran di Ro_Lin siang ini dan materi siaran hari ini jadi bahan postingan, rasanya seneng πŸ™‚
    Ada banyak lagu2 bagus yg akhirnya di recylce. Ada yg berhasil merecycle dan ada yg bisa dibilang gatot. Lagunya KLA yg dibawakan Ahmad Dhani misalnya, menurut saya itu justru merusak. Tapi itu menurut saya.. hehehe. Can’t Help Falling in Love yg berhasil saya puter siang ini ada 6 versi.. WOW!

  2. terima kasih ya ky…
    tapi menurutkku, Ahmad Dhani itu keren… yang merusak ya VIdi Aldiano itu. Tapi itu menurutku,, heheh…

  3. kadang aku lebih suka yang versi lagu barunya kalau pas aransemennya jadi jauh lebih bagus ya. Tanpa mengurangi kesukaan dengan lagua slinya, kadang versi yang baru terdengar lebih fresh dan ear catchy gitu. Ya emang nggak semua sih πŸ˜€
    Kaya misalnya Field of Gold-nya Sting bisa dibawain sama Emi Fujita dengan karakter suara yang lembut, atau lagunya Lisa Stansfield yang All Arround The World itu diaransemen ulang sama Sagi Rei, itu aku juga suka πŸ˜€

  4. iyaa aku menduga vidi aldiano sedang mengantuk pas membawakan lagu re mix apalagi yang nuansa bening .. kenapa bisa begitu jaidnya 😦

    kayak aku bisa nyanyi aja 😐

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s