ketiban durian

kalau aku bayangkan, kejatuhan durian itu sakit banget. kita aja kalo megang ati-ati, minggring minggring supaya ndak ketancep durinya. ini ketiban. belum lagi kalau ungkapannya dipanjangkan jadi ‘kejatuhan durian runtuh’. masuk UGD deh.

***

entah kenapa ungkapan ‘kejatuhan durian runtuh’  justru digunakan untuk menggambarka seseorang yang mendapatkan kebahagiaan, keuntungan, atau apa lah, pokoknya hal menyenangkan. mungkin karena durian itu enak tapi mahal. jadi kalau ketiban durian jadi menyenangkan, bisa makan enak tapi gratis. kalau benar begitu, harus benar-benar pintar menempatkan diri pada saat kejadian durian itu runtuh. menghindar ke sana ke mari, supaya tidak ketiban.

yang jelas, setelah durian runtuh itu dikumpulkan, mestinya jangan dimakan sendiri. karena meskipun durian itu enak, ndak bagus juga kalau makannya kebanyakan. mau ditimbun, juga ndak terlalu tahan lama. mungkin bijaksana kalau dijual sebagian, dan tidak lupa dibagi dengan keluarga dan teman.

***

sepertinya aku sedang mendapat durian runtuh. maka aku akan pintar-pintar menempatkan diri. endha ke sana kemari dengan tetap menyiapkan wadah untuk setiap durian yang jatuh. akan kubagi-bagi dengan siapa yang suka, sepanjang masih ada, agar tak cuma aku sendiri yang menikmatinya. sebagian akan kuolah menjadi makanan yang lebih tahan lama. dijual sebagian, mungkin. hasil penjualannya bisa kugunakan untuk banyak kepentingan lain.

sungguh ini akhir tahun yang menyenangkan 🙂

Advertisements

4 thoughts on “ketiban durian

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s