#dearmama


jangan tanya seberapa dekat aku dengan Ibuku. sulit menjawabnya. aku lebih dekat ke Bapak.

aku bukan jauh dari Ibu. tapi juga bukan dekat, yang sampai curhat dan bercerita segala macam padanya. makanya aku sering iri pada mereka yang bisa begitu.

***

hanya karena kami tidak dekat, bukan berarti aku tidak menyayangi Ibu, atau Ibu tidak menyayangi aku (dan saudara-saudaraku). Ibu punya cara sendiri menunjukkan kasih sayang. tidak banyak kata dan belaian. tapi bisa dirasakan.

ketika Lala Purwono mengajak untuk ikut menulis surat untuk Ibu, yang akan diterbitkan sebagai antologi #dearmama, aku mencoba ikut dengan tanpa target. maksudku, banyak sekali yang mengirim naskahnya, sampai lebih dari 400 orang. dan mengingat aku tidak terlalu dekat dengan Ibu, mungkin tak begitu bagus mengungkapkan cinta padanya.

mungkin saking banyaknya kontributor, #dearmama diterbitkan menjadi 10 buku. setiap hari sejak 31 Desember 2011, Dearbook Project mengumumkan nama-nama penulis yang suratnya diterbitkan. aku dengan rajin mengikuti, mencari-cari namaku. haha iya, katanya tanpa target tapi ternyata dalam hati kecil aku  masih berharap suratku ikut dimuat. sampai hari ke-9 belum ada juga. dan hampir nyerah saja. palingan ga katut, pikirku.

siapa sangka ternyata kemarin pagi, namaku termasuk di antara mereka yang suratnya masuk di buku #10…

kau , kau , kau, siapa saja. aku tidak tahu apa yang ingin aku tawarkan dari sekumpulan surat orang-orang yang mungkin tidak kalian kenal, pada ibu-ibu mereka yang belum tentu kalian kenal juga. entah apakah kalian tertarik membaca suratku untuk Ibuku. entah apakah kalian peduli sedikit saja.

tapi kuberi tahu. Nulisbuku.com telah memberikan support untuk penerbitan  buku ini, dan semua royalti dari penjualan buku ini akan disumbangkan kepada Yayasan Kanker Payudara di Jakarta. barangkali itu cukup menggugah.

dan mungkin membaca surat-surat itu, bisa mengingatkan lagi, bagaimana mestinya kita mencintai Ibu.

***

aku menyesal tidak ikut di #Dearpapa.

5 thoughts on “#dearmama

jangan sungkan kalau mau komen :)

