BLAKOTANG!

Minggu lalu adalah minggu Blakotang.

***

‘BLAKOTANG’ adalah kumpulan geguritan karya Widyo Babahe Leksono, diterbitkan oleh Gigih Pustaka Mandiri. Senin tanggal 20 Pebruari lalu Blakotang diluncurkan di Kampus Lama FIB UNDIP Semarang. Konsep acaranya beda dan super unik menarik. Konon kabarnya, ini adalah kali pertama ada acara peluncuran buku yang tidak memajang bukunya. Ya… Bukunya dipajang sih, tapi setelah acara selesai.

Acara dibuka dengan munculnya Babahe yang berperan sebagai guru, menerangkan arti kata ‘blakotang’, yaitu blak-blakan, blakasuta, apa adanya tanpa tedheng aling-aling. Seperti demikianlah geguritan yang ada di dalam buku ini. Sambil menerangkan aneka nama bunga, nama anak hewan, dan berbagai serba-serbi dalam bahasa Jawa, Babahe sekali gus melakukan kritik sosial maupun politik.

Lalu Pak Guru Babahe mulai memanggil muridnya satu persatu, membawakan geguritan yang dipilih. Ada Dyah Setyawati, Ibit Sukma dan Ulfa yang membacakan geguritan.

Yang seru adalah ketika geguritan itu dibawakan dalam bentuk lagu, oleh Babahe bersama Ibit dan murid-murid yang lain (Yoyok, KPJ, dan Latree) *uhuk*. Lagu-lagunya lucu dan mudah diikuti, sehingga audience bisa ikut bernyanyi.

Bagian yang yang tak kalah seru adalah lelang buku dan CD album Blakotang. Lelang pertama, buku terjual Rp. 210.000. CD album terjual Rp. 300.000. Terakhir, buku dan CD sebagai satu paket terjual Rp. 280.000.

***

Kamisnya, tanggal 24, Blakotang dibahas dalam acara Kontroversi di Cakra TV Semarang. Bersama pemandu acara Nyoman Winarta dan nara sumber Sendang Mulyana, digali berbagai pesan yang disampaikan Babahe melalui Blakotang. Kritik sosial dan pemerintah, ajakan kembali ke alam, menggali filosofi di balik nama-nama dalam bahasa Jawa.

Dalam acara itu, KPJ dan Latree *uhuk lagi* kembali menemani Babahe membawakan tiga lagu dari album Blakotang.

***

Sukses untuk Blakotang dan Babahe. Semoga usaha melestarikan Bahasa Jawa dengan cara menyenangkan ini tidak berhenti sampai di sini…

*semua gambar diambil dengan semena-mena dari album foto di halaman Facebook Gigih Pustaka Mandiri*

Advertisements

12 thoughts on “BLAKOTANG!

  1. Mbaaaak, keren banget kegiatannya!
    Baru tau kalo ada kesenian Jawa yang seperti ini. Apalagi banyak anak muda terlibat disana…wuih, bakal lestari deh budaya kita..hebat, hebat!

  2. Kegiatan yang unik dan salah satu upaya melestarikan budaya bangsa, keren dan luar biasa mba Latree 🙂
    Aihhh……makkkk aku punya kawan artis nih, asyikkkk 😀

  3. @hanif: roadshow pun kalau sekedar talkshow juga mungkin membosankan. selipan perform akan menjadikannya menarik

    @putrimeneng: dan setelah ini aku belum tau kapan nyanyi lagi hihihi…

  4. Pingback: Peluncuran ‘Pocong Nonton Tivi’ « kata dan rasa

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s