ditemukan pengganti MSG

Sudah kadung diketahui masyarakat umum tentang pengaruh buruk konsumsi MSG (mono sodium glutamat) yang kata penelitian bisa menyebabkan gangguan saraf dan mempercepat tumbuhnya sel kanker.

Sudah kadung pula masyarakat yang peduli cenderung menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi MSG. Mereka yang teliti akan membaca zat apa saja yang terkandung di sebuah produk makanan, dan tidak jadi membeli jika mengandung MSG. Jelas ini tidak disukai oleh produsen yang produknya mengandung MSG.

Kemarin waktu belanja aku nemu sebuah produk ‘perasa kentang goreng.’ Sebenarnya saat itu juga sudah langsung terlintas di benakku, di dalamnya pasti terkandung MSG. Iseng-iseng aku lihat isi kandungannya. Ternyata tidak ada MSG-nya lho! Beneran, tidak ada Mono Sodium Glutamat!

Tapi…
Ada Mono Natrium Glutamat.

Ini namanya akal-akalan. Natrium adalah nama kimia asli dari Sodium, yang simbolnya Na. Seperti garam yang simbolnya NaCl dan nama ilmiahnya Natrium Klorida.

Mungkin perlu dimasyarakatkan juga nama lain MSG:

natrium glutamat
penambah perisa 621
Kod bahan tambahan makan EU: E621
Kod HS: 29224220
IUPAC: asid 2-aminopentanedioik, juga dikenali sebagai asid 2-aminoglutarik

Kalau perlu rumus kimianya: C5H8NNaO4. (Ini angkanya indeks, bukan koefisien. Tapi aku ga ngerti cara bikin indeks)

*bacaan: wikipedia*

5 thoughts on “ditemukan pengganti MSG

  1. kalo memasak di rumah sangat menghindari pake MSG, vetsin atau apalah itu,
    tapi jajanan anak2 itu, hadeuuhh😐 sering tak terkontrol,
    dan itu penyedap kentang goreng itu, rasanya emang enak sih *eh

  2. wah makanan Indonesia sudah tidak aman lagi, bila Anda sering melihata Reportase Investivigasi pasti taulah para pedagang nakal. banyak para penjual yang sudah tidak memperhatikan dengan kesehatan mutu dagangannya. yang penting hasil jualan mereka laku dan mereka mengalami kerugian yang kecil,

  3. dari kecil aku terbiasa diajarin masak ndak pake vetsin atau msg dan sebagainya, cuma kalo dipikir2 agak percuma juga ya, umpamanya kalo jajan bakso aja udah blg ga pake vetsin tetep aja pas masak kuah vetsinnya segambreng renteng😐

    padahal sebenarnya glutamat itu protein asam amino non esensial yang bisa diproduksi oleh tubuh sendiri ga usah ditambah-tambahin gitu *kalo ga salah sih, gitu jaman kuliah dulu*😐

  4. Gak makan MSG mati kelaparan.
    Makan MSG mati perlahan lahan.

    Pilih yang mana?
    kayaknya hampir semua makanan sudah mengandung MSG dan kroninya.

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s