Tragedi Setup Email di BB Baru

Mestinya mudah. Tinggal masuk ke setup, setting email, masukkan akun dan password.

Tapi ternyata kemarin tidak semudah itu yang kualami.

Ceritanya, karena sesuatu dan lain hal, aku ganti BB. Sama sekali tidak ada kekhawatiran kehilangan kontak BBM yang cuma segelintir itu. Tidak takut kehilangan data apa pun. Karena banyak yang bilang bahwa semua data bisa dibackup dan langsung direstore ke BB baru. Caranya gimana? Um… teknisi di tokonya pasti bisa.

Jadi begitulah. Dengan hanya menunggu kurang dari setengah jam, semua data sudah di pindah ke BB baru. Waktu itu, gambar kontak BBM belum semuanya muncul. Kata mas teknisi-nya, itu butuh waktu. Dan untuk emailnya meski sudah muncul di halaman home, tapi belum jalan. Kata si masnya lagi, jaringan sedang lemot. Nanti tinggal masuk-masukkan password dan next next next. Si mas cuma berpesan bahwa BB tidak boleh off sampai semua kontak BB muncul gambarnya. Kalau sampai itu terjadi, kontaknya error. Entah maksudnya error gimana, Oke, jadilah kubawa pulang.

Sampai beberapa jam, belum selesai juga semua gambar DP di BBM list dimunculkan. Ndilalah, ketika sedang buka-buka Blackberry Application Word, entah kepencet apa, minta reboot. Sebenarnya ada pilihan reboot later, tapi waktu itu spontan yang kutekan adalah reboot now.

Sepersekian detik kemudian baru ingat pesan si mas soal off itu. Begitu BB on, langsung aku cek BBM list. Ada beberapa kontak yang gambarnya masih buram. Ketika kucoba mengirim pesan ke nama-namanya, gagal. Padahal jika mengirim pesan ke kontak yang gambarnya sudah full bisa.

Dengan penuh putus asa aku menghapus nama Devi dan Yuyuk, lalu reinvite lagi PIN mereka. Entah kenapa juga aku pilih delete dan reinvite dua embak cantik itu. Padahal ada nama lain yang gambar DPnya masih buram juga.

Setelah mengecek BBM list, aku mencoba setup emailku. Aku tidak berhasil login meskipun password yang kumnasukkan benar dan sudah kuulang berkali-kali. Selalu muncul pesan ‘Sorry cannot continue session, please log in again.’

Setelah bertanya ke beberapa teman dan belum berhasil juga, kubawa BBku ke tokonya, minta tolong si mas teknisi lagi untuk setup emailku. Ketika dia gagal mencoba, yang pertama diucapkannya adalah, “layanan BISnya yang sudah yang full service?”

Ya… mungkin ada kasus yang ternyata langganannya BBgaul yang cuma bisa buat fesbuk dan twitter dan chatting. Jadi meskipun agak gimana gitu, aku jawab saja, “Ngga full sih. Unlimited kecuali streaming.’

Setelah si mas mencoba, ternyata tidak berhasil juga. Dia bilang, “Kalo munculnya pesen kaya gini berarti jaringannya yang jelek mbak…” Kataku, kalau memang jaringannya yang ngga support, mestinya aku ga bisa browsing juga dong ya. Buktinya browsing masih lancar. Lalu dia beraksi dengan suatu cara yang dibisikkan teknisi yang lain. Aku ga bisa ngintip apa yang dilakukan di PCnya. Ternyata belum berhasil juga. Lalu BB-ku diformat. Direstore datanya lagi. Tetap belum bisa.

Ujung-ujungnya, aku disuruh lapor ke Telkomsel aja.

Untung Grapari belum tutup dan antrian juga sepi. Ngga ada sepuluh menit, email setupku di recovery. Kata petugas Telkomsel,  emailku nyangkut di BB lama. Untuk pengguna BB dengan provider Telkomsel, setiap kali ganti BB, harus hapus data email di BB lama dulu. Yang, itu tidak bisa dilakukan sekedar dengan wiping BB lama, tapi harus dilakukan oleh pihak provider.

Bagaimana dengan kontak BBM yang DPnya masih buram itu? Ternyata BBnya Devi dan Yuyuk memang lagi error. Jadi mau dikirim pesan berapa kali juga ngga akan bisa masuk. Sementara nama nama lain yang juga buram, akhirnya jadi full juga dan tidak ada masalah sama sekali. Jadi sebenernya, menurutku, ngga papa kali meskipun BB baru mati sebelum semua gambar di BBM list muncul penuh. Juga ngga ngaruh di setup email, karena permasalahannya bukan di situ.

***

Tada and done. Pernah mengalami keribetan serupa?

Advertisements

3 thoughts on “Tragedi Setup Email di BB Baru

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s