darah kerinduan untuk ayah

Judul postingan ini adalah judul salah satu puisi di antologi Anak-anak Kapak, karya Muhammad Baihaqi Latif, Rabu Pagisyahbana, Devi Maya dan M Akid AH. Buku ini akan diluncurkan akhir Mei nanti.

image

Devi meminta aku membawakan satu puisinya. Belum kuiyakan. Aku cuma bilang akan kuusahakan. Karena melagukan puisi tidak pernah sama antara satu puisi dengan puisi lainnya. Pernah kukerjakan satu jam selesai. Pernah sampai dua bulan, sampai aku menyerah dan memilih ganti puisi. Padahal awalnya aku mengira aku bisa merasakan dengan penuh, maksud puisi yang kupilih sebelumnya.

Begitu mendapatkan buku ini, aku membuka bagian karya Devi Maya, dan inilah judul pertamanya. Kedekatanku dengan Bapak mengunci mataku di situ. Membacanya aku merinding lagi dan lagi. Meskipun aku membuka-buka puisi yang lain, tidak ada yang bisa mengikatku sekuat puisi ini.

Bait pertama langsung mengalir bersama chord-chord yang (buatku) tak biasa. Tanpa jeda tanpa berpikir. Dan aku dibikinnya berkaca-kaca. Aku berhenti. Mengambil napas. Dan untunglah jumlah suku kata yang berlimpah di bait kedua memaksaku berpikir, sehingga perasaanku sedikit terkesampingkan.

Aku bisa saja memperturutkan nada yang mengiris. Tapi aku memilih melanjutkannya dengan membangun sedikit ketegaran. Masih saja aku tidak tahan.

Bapakku masih hidup dan sehat, untuk ukuran seusianya. Puisi ini mengajakku berdiri pada bayangan jika Bapak sudah pergi. Aku ngga tahan. Tapi justru perasaan itu yang membuat jiwaku masuk ke puisi ini. Atau puisi ini masuk ke jiwaku?

Ini sepotong tangis kerinduan untuk Ayah

Full versionnya belum dipublish😀

10 thoughts on “darah kerinduan untuk ayah

    • aku juga ga selalu bisa memahami semua puisi. dan hanya yang bisa kupahami, yang bisa kulagukan…🙂

  1. sesuatu yang dilakukan dengan hati pastilah menyentuh.. jadi pengen melihat dan mendengar mba mano baca puisi ini, semoga ada kesempatan..

  2. Pingback: Dari Launching Buku Anak-anak Kapak « kata dan rasa

jangan sungkan kalau mau komen :)

