Setelah ‘The Avengers’

Siapa bilang, setelah anakmu meremaja, kau lantas menjadi tua? Naaaa…. Kau justru menjadi remaja untuk kedua kalinya.

Kau dituntut mengerti (setidaknya sedikit) dunia remaja. Lagu, film, apa pun. Supaya bisa sedikit nyambung dan tidak membosankan (di mata mereka) ketika mengobrol.

***

Jadi aku mengantar ketika Ibit pengen nonton filmnya Cherrybelle. Nganter aja. Ndak pengen nonton. Tapi The Avengers, aku ikut nonton. Karena pasti banyak yang enak dilihat ketimbang cewek-cewek ABG yang cantik dan imut-imut😀

See, aku bukan pengamat sinema. Bahkan penikmat pun sesekali saja. Jadi ndak bisa berkomentar soal sinematografi, penyutradaraan, efek suara atau apa. Aku merasa menonton The Avengers seperti menonton komik. Ya kali, karena memang tokoh-tokohnya pertama kali muncul di komik. Ndak tahu ya, tapi segala ledakan dan lompatan-lompatan gambar itu… Komik banget.

Soal cerita, ya, ya, ya begitu lah kalau cerita soal superhero. Tokoh jahat yang tiba-tiba muncul: Loki of Asvagard. Menghebohkan dunia: mencuri sumber energi abadi. Dilema: para dewan yang tidak percaya Proyek Avengers dan memilih meluncurkan nuklir.

Aku pernah dengar tentang Captain America. Iron Man. Hulk. Tapi terus terang aku belum pernah dengar tentang Black Widow, Hawkeye dan Thor. Jadi aku nikmati saja mereka berenam sebagai hal yang benar-benar baru. Aku ndak suka film action, terutama bagian berantem apalagi sampai berdarah-darah. (Itu kenapa aku ndak mau nonton The Raid kecuali dibayar minimal sejuta). Untunglah adegan berantem di film ini masih di batas toleransiku. Mungkin karena terasa komik itu tadi.

Aku suka selipan adegan lucu di sana sini. Aku suka bagian akhirnya. Bagian akhir setelah bagian (yang semula kukira) akhir. Banyak penonton yang keluar dari theater setelah  bagian ketika Jenderal Fury membuat marah Dewan dengan membiarkan para jagoan menghilang karena mengira itulah endingnya. Padahal setelah itu ada sedikit adegan lagi, ketika musuh menyatakan kesadarannya bahwa: manusia bukan pengecut, mereka petarung, bukan makhluk lemah yang mudah dikuasai, menantang mereka berarti mencari mati. Ho ho ho.

***

Jadi berapa bintang untuk film ini? Berapa ya? Tiga?

(Seperti ketika aku harus mengakhiri ‘Kondom’) ada pertanyaan-pertanyaan yang kubawa keluar dari gedung bioskop.

Kenapa alien itu seringnya digambarkan begitu? Kalau ndak makhluk setengah binatang berlendir, ya robot dari besi rongsokan yang kalau bergerak suaranya berderak-derak seperti engsel berkarat yang lama ndak diminyaki. Tapi, manusia harus habis-habisan menghadapi mereka!

Itu Hawkeye sampai kehabisan anak panah, kenapa ndak ngajak Arjuna? Begitu dilepas satu anak panahnya bisa menjadi seratus dan mencari sasaran sendiri-sendiri!

Kenapa ndak ngajak Kumbakarna? Dia bisa kerja sama dengan Hulk, and they would be amazing!

Kenapa Captain America pakai topeng? Dia jauh lebih keren tanpa itu!

Dan kenapa ketika Dr. Banner berubah menjadi Hulk, bajunya robek semua tapi celananya masih utuh?

5 thoughts on “Setelah ‘The Avengers’

  1. Jadi ingat dengan komik tentang Rahwana dan saudaranya Kumbakarna, Mbak.
    Rasanya di beberapa hal sebenarnya Rahwana memang tidak sejahat seperti yang sering digambarkan.

    Rahwana berubah bersikap “kasar” berawal dari cerita yang panjang.😀

  2. Hm… Aku belum pernah baca kisah kenapa Rahwana menjadi jahat. Jadi ya setahuku memang dia jahat.

    Kalau Kumbakarna yang kutahu, dia berperang melawan Rama bukan membela kakaknya, tapi membela negaranya. Beginu…

  3. yess, aku ga mau nonton the raid kecuali ditemenin rio dewanto *dikeplak*

    ngomong2 soal the hulk, itu penjahitnya keren lho mbak, bis amenyelesaikan permasalahan para ibu hamil biar ga usah bingung beli celana baru saat perutnya makin gede😐

jangan sungkan kalau mau komen :)

