Mamie dan Raden Saleh

Sebenarnya aku ingin terlebih dahulu menulis tentang peluncuran Pocong Nonton Tivi. Tapi ada kendala teknis untuk upload gambar. Jadi biar aku bercerita tentang sedikit acara senang-senang di sela keprihatinan ketika, menjenguk kakak iparku yang sakit (semoga dia lekas sembuh).

Hal menyenangkan pertama adalah aku bertemu Mamie Lily, blogger Anging Mamiri yang tinggal di Jakarta. Beruntung banget karena kantor Mamie dekat dengan rumah sakit tempat kakakku dirawat. Dan terima kasih sekali, Mamie mau repot-repot datang ke rumah sakit, sehingga aku tidak perlu nunak-nunuk mencari lokasi untuk ketemuan. Terima kasih lagi, udah ditraktir makan siang… Si Mamie ini ternyata orangnya lembuuuut banget. Padahal tadinya bayanganku, dia itu agak centil gitu. Haha, maaf ya Mie😀

Hal yang menyenangkan selanjutnya adalah mengunjungi pameran lukisan Raden Saleh di Galeri Nasional Indonesia. Gratis, bayangkan! Pameran ini berlangsung tanggal 3-17 Juni 2012. Ketika membaca soal akan diadakannya pameran ini di timeline Gunawan Muhammad, aku cuma bisa berdoa semoga sukses, tanpa membayangkan bakal bisa datang. Jadi merasa ada blessing in disguise di balik kunjunganku menengok kakakku.

Waktu aku datang pengunjungnya tidak terlalu ramai. Mungkin karena hari dan jam kerja. Kubayangkan di jam-jam sepulang kerja pengunjungnya akan banyak hingga berdesak-desak. Apalagi pada akhir pekan. Biasanya, di sebuah pameran lukisan dilarang mengambil gambar. Terlebih lagi pelukis besar seperti Raden Saleh. Tadinya aku sudah bersiap mau nyolong-nyolong ambil gambar pakai handphone. Ternyata itu tidak perlu, karena bahkan yang pakai kamera segede termos pun dibiarkan saja oleh satpamnya!

image

Ini salah satu lukisan favoritku, Berburu Banteng. Lukisan cat minyak di atas kanvas. Aku tidak sempat memperhatikan ukurannya. Besar banget pokoknya. Minimal lebarnya 150cm. Lihat deh, terasa banget ‘berburu’nya. Riuh, tegang, keras. Kata Bapak, Raden Saleh itu aliran lukisannya naturalisme. Tapi juga dibilang romantisme. Entah itu sebutan general untuk semua lukisannya, atau sebagian naturalis dan sebagian romantis. Yang jelas agak sulit buatku menganggap lukisan perburuan banteng itu romantis. Bahkan yang lukisan potret, terasa kaku. Beberapa potret yang dipasang adalah potret bangsawan eropa. Semuanya begitu, kaku, ndak manis. Aku moto satu potret bangsawan wanita. Setelah sampai di rumah, baru kusadari bukan saja kaku tanpa senyum, tapi wajah si nyonya ini terkesam kejam. Jadi tidak kupasang.

Aku tidak terlalu tertarik pada lukisan pemandangannya. Kulihat juga cuma ada beberapa. Seascapenyanya bahkan cuma ada satu, seingatku. Landscapenya mengingatkanku pada buku pelajaran melukis yang diwariskan Bapak padaku (dan masih tersimpan rapi di gudang, sigh). Ada beberapa sketsa pensil. Ada repro lukisan-lukisan yang sepertinya dibuat dengan cat air.

Duh bener-bener deh. Nonton sambil lari-larian itu sama sekali ndak puas. Tapi daripada tidak sama sekali. Sebelum meninggalkan galeri aku sempat minta sesama pengunjung mengambil gambarku bersama Singa yang terlihat sangar ini. Terima kasih ya mase!

image

Sambil lari pulang aku sempat berdiri 5 detik di sebuah lukisan yang judulnya ‘Pertemuan Rahasia di Hutan’. Ada seorang perempuan menuntun kuda dan mengintip seorang (atau dua orang ya?) pria di kejauhan. Aku penasaran banget kira-kira kenapa Pak Raden memilih tema itu? Tapi karena sesuai jadwal aku harus terbang 2 jam kemudian, dan takut kena macet dalam perjalanan menuju bandara, aku melanjutkan lari dan mencari taksi. I wish I had more time….

Jadi kalian yang dianugerahi tinggal di Jakarta tapi melewatkan pameran ini, betapa!

***

Ini foto bersama si Mamie usai makan bareng.

image

Lumayan juga sih, bisa ngobrol hampir sejam. Ditunggu kunjungannya ke Semarang, aku yang akan gantian traktir😉

3 thoughts on “Mamie dan Raden Saleh

jangan sungkan kalau mau komen :)

