Ide Lampu Bohlam.

Selalu ada alasan kenapa kita jadi jarang update blog. Jarang menulis. Mulai dari alasan yang sebenar-benarnya alasan, sampai alasan yang diada-adakan. Padahal kita tahu menulis itu melegakan, menyenangkan, membahagiakan.

Selain tidak sempat dan ‘malas’ (oh ya, akui saja, ini masih jadi alasan terbanyak kan yah?), ada yang bilang ‘tidak ada ide mau menulis apa.’ Padahal sebenarnya ide bertebaran di sekitar kita. Tinggal bagaimana kita menangkap apa yang kita lihat, dan bagaimana mengolahnya. Nah ini bisa jadi alasan juga sih, ga bisa nangkap ide walaupun bertebaran, apalagi mengolahnya. Duh.

Terus terang, aku selalu takjub pada Om Warm yang tidak pernah kehabisan ide untuk ditulis di blognya. Hal yang tidak pernah kita perhatikan, tapi begitu membaca postingannya kita bisa bergumam, ‘iya ya, topik begini bisa juga jadi postingan…’

Ada yang tahu, kenapa ide yang muncul sering diilustrasikan dengan gambar lampu bohlam? Apa dibayangkan ide itu ada di dalam kepala, yang tidak akan kelihatan kalau gelap sehingga harus dinyalakan lampu? Tapi kenapa lampu bohlam, bukan petromax, atau lampu mercuri sekalian?ย Kata mbak Putrimeneng, ngeri ngebayangin lampu petromax di atas kepala, kalau kejatuhan itu lho… *tutupmata*.

Lucunya, kita yang bilang ga punya ide ini kadang bisa menghasilkan tulisan cemerlang ketika ‘dipaksa.’ Misalnya berbagai prompter Flash Fiction. Seperti yang dibikin Unge dan Momo di 15 Hari Menulis Flash Fiction, yang sudah menghasilkan 2 buku yang dicetak oleh nulisbuku.com. Dan ini masih terus berlanjut dengan tantangan flash fiction dengan berbagai tema.

Adalah Lampu Bohlam, blog yang mencoba ikut menyalakan lampu bohlam di kepala kita. Setiap Jumat akan dibagikan satu pemantik, yang bisa diolah menjadi tulisan apa saja. Tak harus flash fiction. Bisa jadi cerpen, puisi, atau sekedar curhatan.

Yuk ikutan๐Ÿ˜‰

18 thoughts on “Ide Lampu Bohlam.

  1. dan aku gak pernah bisa nulis cerpen apalagi novel, kendati banyak ide yang sliweran di kepala namun mengeluarkannya susah banget (_ _”)

    lebih enak nulis curhatan, lebih lega dan gak ada aturan harus ini dan itu, dasar aku yang mau enaknya saja dalam menulis yah๐Ÿ˜€

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s