Suspended

Hari kedua lebaran kemarin, aku posting satu tulisan ringan. Lewat aplikasi wordpress yang diinstal di handphone. Iya, saat mudik aktivitas online hanya bisa dilakukan via mobile devices. Itu pun dengan koneksi yang kembang kempis. Usai posting, betapa terkejutnya melihat tampilan ini ketika akan preview hasil postingan.

suspended

Langsung lemas rasanya. Setahuku, ngeblog gratisan itu tidak bisa tersuspen. Kecuali ada yang nge-flag, menandai blog kita ‘berbahaya’. Lha? Sepertinya kecil kemungkinan itu. Isi blog ini lebih banyak tulisan-tulisan fiksi. Selain itu ya opini-opini ringan yang selalu kujauhkan dari membicarakan pihak spesifik manapun. Dan tentu saja cerita-cerita narsis ndak penting tentang diriku sendiri. Aku juga tidak pasang banner iklan yang menghasilkan uang, yang adalah hal yang dilarang jika pakai fasilitas gratisan. Jadi aku memilih menenangkan diri, bahwa ini kesalahan mesin WordPress yang tanpa sengaja mensuspen blogku.

Dan karena memang seminggu ndak buka dashboard dari PC, maka aku ndak tahu ada pemberitahuan tentang deaktivasi blogku. Aku langsung mengisi form yang disediakan di homepage, berisi pernyataan bahwa sepertinya terjadi kesalahan. Sambil terus menenangkan diri aku masuk ke dashboard via web, tetap dari handphone tapi bukan dari aplikasi yang diinstal di handphone. Iya, ada pemberitahuan, juga dilengkapi form yang bisa diisi untuk menghubungi admin WordPress. Aku meninggalkan pesan yang sama.

Aku juga mencoba download file xml untuk export isi blog, jaga-jaga seandainya blogku tidak bisa diselamatkan. Tapi ndak berhasil. Yang ada blogku malah hang. Mungkin karena filenya besar. Jadi aku terus pukpuk pundakku sendiri, bersabar sampai nanti bisa online via PC.

Dalam kepanikanku aku tetap menenangkan diri, seandainya blogku tidak bisa kembali, aku bisa export dan bikin blog baru. Tapi alamatnya jelas harus baru, ndak bisa pakai url lama. Itu yang agak mengganggu. Mungkin ada bagusnya juga mengikuti saran untuk beli domain. Kalaupun tersuspen, isi blog boleh hilang tapi bisa langsung diisi dengan CSS baru tanpa ganti url.

Seharian itu aku sebentar-sebentar cek email. Menunggu balasan dari tim wordpress. Tapi tak kunjung datang, sampai aku tertidur dalam kelelahan #lebay.

Esoknya aku cek email lagi, dan tadaaa…! Deaktivasi atas blogku memang kesalahan flag oleh mesin anti spam. Lega rasanya. Seperti ada beban berat terangkat. Tulisan itu seperti anak, kata Mas Aulia. Aku sih ndak berpikir sedalam itu. Yang jelas tulisanku itu bagian penting dari diriku. Sedih banget kalau sampai ilang…

However, paling tidak untuk saat ini aku diingatkan untuk rajin update backup. Dan terima kasih tim WordPress, untuk responnya yang cepat.

16 thoughts on “Suspended

  1. Aku pernah nangis, karena kealpaan, 2000 post, 5000 foto, server crash, no back up repost dengan mencocokkan url tiap tiap post berdasarkan report error di google analytics… huahuahuahua…

  2. kejadian kayak gini acap kali terjadi emang Mba….tapi asal kita ikuti prosedurnya biasanya balik lagi kayak semula…WP juga manusia #laaah

    • iya sih langsung balik. kaget aja, ngeblog sejak 2007 baru kali ini terjadi. dan backup terakhir udah beberapa bukan yg lalu…😀

  3. Nah nah cerita yang kaya gini nih, bikin nampar nampar pipi sendiri karena aku paling males nulis di word, trus males backup content. meski selama ini belom pernah (dan jangan sampe) kesuspend. okelah, aku rajin backup sekarang😀

  4. sy juga pernah ngalamin hal yg sama. tapi tunggu beberapa hari berikutnya, eh kembali. blog sy yg di blogspot juga begitu. sy lebih suka blog gratisan, lebih berasa zuhud

    • blog berbayar lebih rawan suspend katanya sih. tapi setidaknya domainnya tetap bisa dipakai jika isi blog mawut sekalipun… semua ada positif negatifnya…

jangan sungkan kalau mau komen :)

