Mata Telaga

Untuk Prompt #49 di Monday Flash Fiction

Pada mata itu aku tenggelam. Telaga yang hening dan bening. Aku bisa melihat dasarnya. Pasir dan bebatuan. Ikan dan udang. Kedamaian kehidupan di kedalaman. Helai bulu matanya seperti rindang pepohonan di tepi telaga, melengkapi kesejukan yang ditebarkan.

 

Maka kubiarkan ia merengkuh segala penat dan noda yang melumuri sekujur kehidupanku. Siapa yang hendak menyentuh tanpa sedikit jijik pun, perempuan yang telah dijilat ribuan lelaki? Siapa yang hendak percaya pada pengakuan pertobatan, dari bibir yang telah rela mengulum apa saja?

Maka kutinggalkan segala tawa dan senyum semu, berceceran di seprai kumal kusut yang membalut kasur kapuk kempes dan apak. Kutanggalkan kebahagiaan palsu, yang bertaburan di atas baju setali ketat sebatas menutup dada dan pantat.

Perlahan kulangkahkan kaki telanjang, merasai kesejukan tepian telaga bening. Terus melangkah. Merasakan airย merambat naik ketika aku berjalan. Ke betis. Lutut. Paha. Pinggang. Dada. Leher. Dagu. Bibir. Hidung. Mata. Dahi. Hingga seluruh tubuhku memasuki heningnya. Menyelam hingga ke dasar.

Di dalamnya, segala bentuk lelaki menanti setelah menyerahkan gepokan uang kepada pemilik mata telagaku.

Aku lupa, air membiaskan cahaya yang melewatinya. Menggambar citra yang berbeda. Apa yang kulihat dari permukaan, sama sekali bukan yang sebenarnya ada di kedalaman.

Advertisements

18 thoughts on “Mata Telaga

  1. Kejebak. Keluar dari kandang buaya, malah masuk ke kandang harimau. Kasihan. Yang terlihat baik memang belum tentu baik aslinya.
    Mbak aku suka metaforanya.. *eh bener kan ya metafora?*

    • sebenarnya aku punya kelemahan menghafal istilah-sitilah dalam sastra Bahasa Indonesia. aku ndak tahu apa nama resminya, metafora atau apa. dan sebenarnya aku tidak terlalu peduli juga. terima kasih sudah suka.

      terima kasih sudah membaca ๐Ÿ™‚

  2. Aku sepertinya lemah nangkep maksudnya. Jadi baca lebih dari satu kali hehe.
    Tapi begitu ‘ngeh’, aw aw bagus banget cara nyampeinnya mbak, maknanya nggak langsung keliatan. ๐Ÿ™‚

jangan sungkan kalau mau komen :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s